Cara Mudah Mengaktifkan VGA NVIDIA pada Laptop

admin

mengaktifkan VGA NVIDIA

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai VGA NVIDIA. Sebelumnya, sudah ada penjelasan artikel tentang cara mengatasi NVIDIA Display Settings are Not Available. Untuk itu, marilah menyimak bagaimana cara mengaktifkan VGA NVIDIA pada laptop.

Perusahaan raksasa NVIDIA populer di kalangan masyarakat baik dari sektor bisnis entrepreneur maupun sektor ekonomi. Sekarang ini laptop maupun PC sering menggunakan Integrated Graphics Card sebagai tambahan VGA (Virtual Graphics Array) yang menyatu dengan Processor Intel.

Fungsi dari Integrated Graphics Card sendiri ialah bisa membuka game-game berat. Semnetara itu, VGA Integrated menggunakan VGA yang sesuai dengan minimum requirements game yang para penggunanya bisa memainkannya.

Meskipun sudah ada 2 VGA yang terpasang, sistem operasi tetap bakal mencocokkan VGA yang sesuai dengan game. Namun, ada sejumlah kasus yang menyatakan bahwa sistem operasi bingung dalam memilih VGA sehigga sistem operasi tersebut memilih VGA Intel agar bisa Anda gunakan. Itu bisa saja terjadi lantaran para pengguna belum mengatur software VGA Integrated.

Dengan adanya software yang NVIDIA sediakan untuk mengatur penggunakan VGA NVIDIA Anda, Anda bisa mengaturnya sebagai VGA utama. Itu bisa membuat seluruh aplikasi menjadi terbuka dan memerlukan penggunaan memorti VGA. Otomatis, Anda bisa menggunakan VGA NVIDIA tersebut.

Cara Mengaktifkan VGA NVIDIA yang Harus Anda Ketahui

Sebelumnya Anda sudah mendapat penjelasan seluk beluk mengenai VGA NVIDIA secara umumnya. Untuk itu, saatnya Anda juga harus mengetahui langkah-langkah agar bisa mengatur VGA NVIDIA yang nantinya bisa Anda aktifkan untuk laptop maupun PC Anda.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan VGA NVIDIA tersebut? Ada beberapa cara untuk mengatur setting VGA NVIDIA agar bisa mengoptimalkan performa gaming dengan maksimal.

Di bawah ini terdapat cara-cara ini bisa Anda coba dan ikuti pada laptop maupun PC Anda. Cara-cara tersebut, antara lain:

1. Melakukan Update pada Driver NVIDIA

Sebelum Anda memasuki Setting VGA NVIDIA, alangkah baiknya Anda juga memastikan versi driver NVIDIA ialah versi paling terbaru di laptop maupun PC Anda.

Jika versinya belum baru dan masih dalam versi lama, alangkah baiknya Anda segera melakukan update. Proses pembaruan tersebut bisa Anda lakukan melalui GeForce Experience. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengunduh versi driver terbarunya via situs resmi NVIDIA.

2. Mengatur Setting GPU NVIDIA untuk Gaming

Untuk mengaktifkan VGA NVIDIA juga bisa melalui pengaturan Setting GPU NVIDIA. Dalam pengaturan Setting GPU NVIDIA untuk gaming ini bisa Anda lakukan melalui empat cara. Caranya sendiri antara lain:

a) Mengurus Adjust Image Setting with Preview

Cara yang pertama ialah dengan mengurus Adjust Image Settings with Preview. Anda bisa menemukannya pada opsi 3D Settings. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  • Memilih Use my preference emphasizing
  • Nantinya Anda melihat sebuah bar yang bertuliskan Performance dan Quality

Ada tiga opsi yang berbeda pada bar ini yakni Performance, Quality, dan Balanced. Sebaiknya Anda bisa mengurusnya di opsi Quality lantaran terdapat kualitas grafis yang tinggi pada saat bermain game.

Namun, jika laptop ataupun PC Anda mempunyai spesifikasi rendah, Anda bisa mengurusnya di opsi Performance atau Balanced.

b) Membenahi Manage 3D Settings

Selanjutnya, Anda bisa juga membenahi Manage 3D Settings yang dianggap sangat penting dari semua pengaturan yang ada.

Anda bisa membenahi dan memperoleh performa gaming yang optimal dan maksimal. Itu pun bisa Anda lakukan demi mendapatkan FPS dan kualitas grafik yang tinggi.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan pada opsi ini, yakni:

  • Mengklik kanan ketika Anda sedang berada di desktop
  • Kemudian Anda bisa memilih menu NVIDIA Control Panel
  • Setelahnya, Anda bisa mengklik menu Manage 3D Settings
  • Langkah berikutnya, pilihlah menu Preferred Graphic Processor
  • Lalu Anda bisa memilih opsi High-Performance NVIDIA Processor
  • Terakhir, Anda bisa klik tombol Apply
c) Mengatur Settingan Configure Surround PhysX

Langkah ketiga yakni mengatur Settingan Configure Surround PhysX pada VGA NVIDIA Anda. Biasanya jika terpasang secara default, pengaturan ini memilih opsi Auto-select. Namun, alangkah baiknya tetap memilih GPU NVIDIA agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

d) Menata Settingan Resolusi

Cara terakhir untuk mengaktifkan VGA NVIDIA adalah dengan menata Settingan Resolusi. Dalam pengaturan ini, Anda tidak perlu melakukan pengaturan lagi. Apalagi bila dalam keadaan default, pengaturan ini sudah pasti akan menyesuaikan resolusi maksimal dari monitor yang Anda pakai.

Untuk sejumlah VGA NVIDIA, Settingan Resolusi ini tidak akan ditemukan, terutama bila laptop maupun PC Anda menggunakan dual VGA.

Also Read

Leave a Comment