6 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

admin

mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti
Apakah Anda pernah mendapatkan notifikasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau “unfortunately has stopped”? Ketika muncul masalah tersebut, aplikasi akan meminta untuk menunggu atau paksa berhenti. Tapi terkadang setelah paksa berhenti, aplikasi akan memunculkan notifikasi yang sama saat dibuka lagi. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti berikut ini!

Penyebab Notifikasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Anda perlu mengetahui apa penyebab munculnya notifikasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Aplikasi crash atau berhenti paksa bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:
  1. Memori RAM HP yang terlalu penuh.
  2. File cache dari aplikasi terus menumpuk.
  3. Bug dari aplikasinya.
  4. Sistem operasi atau OS yang tidak update.
  5. Aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi.
  6. Koneksi internet lemot (untuk aplikasi yang membutuhkan internet).
  7. Aplikasi tidak resmi.
  8. Sistem Android telah di-root.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Tenang saja, ada banyak cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Langsung saja, berikut di antaranya:

1. Update Aplikasi

Salah satu penyebab terjadinya crash pada aplikasi yaitu karena Anda masih memakai versi lama. Pengembang aplikasi selalu melakukan update untuk memberikan perbaikan, termasuk perbaikan bug. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi yang paling baru. Langsung update ke aplikasi terbaru di Google Play Store. Ingat, jangan menggunakan aplikasi di luar layanan Play Store karena tidak aman. Pilih pengembang resmi untuk menghindari sistem crash atau masalah lain.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi yang terlalu menumpuk akan membebani HP Anda. Apalagi jika spesifikasi penyimpanan HP Anda tidak besar, maka Anda harus rajin-rajin untuk membersihkannya. Berikut langkah-langkah hapus cache dan data aplikasi:
  1. Masuk ke menu “Pengaturan” HP, lalu pilih opsi “Aplikasi”.
  2. Cari aplikasi atau software mana yang sering mendapatkan notifikasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Lalu klik aplikasi tersebut.
  3. Pilih opsi “Penyimpanan”.
  4. Nanti akan ada dua pilihan yaitu hapus cache atau hapus data.
  5. Pilih pada dua opsi tersebut bergantian untuk menghapus cache dan data. Namun ingat, data aplikasi akan hilang jika Anda memilih hapus data. Jadi, Anda harus login lagi seperti awal install aplikasi.
  6. Selesai.

3. Re-Install Aplikasi

Cara ini hampir sama dengan hapus cache dan data aplikasi. Fungsinya yaitu untuk menghapus semua data sehingga HP tidak lagi terbebani. Jika instal ulang atau re-install, Anda akan kembali ke awal sebelum memiliki aplikasi. Jadi, semua data akan hilang termasuk data login. Cara re-install aplikasi Android sangat mudah. Anda harus uninstall aplikasi melalui Play Store atau menu pengaturan HP. Setelah itu, install lagi melalui Play Store juga.

4. Hentikan Aplikasi Lain yang Berjalan di Latar Background

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti selanjutnya yaitu menghentikan aplikasi lain yang sedang berjalan di latar belakang. Secara tidak sadar, HP Anda mungkin memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena itu, RAM terbebani dan membuat aplikasi penting menjadi crash. Cara menghentikan aplikasi lain berjalan di latar belakang yaitu sebagai berikut:
  1. Masuk ke “Pengaturan” HP, lalu pilih “Aplikasi”.
  2. Pilih opsi “Aktif” untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.
  3. Ketuk satu per satu aplikasi untuk mematikan aplikasi latar belakang.
  4. Selesai.
Cara di atas mungkin bisa berbeda untuk beberapa merek HP. Namun pada umumnya, menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa dilakukan melalui menu Pengaturan.

5. Restart HP

Masih belum berhasil juga? Anda bisa menggunakan cara andalan untuk memperbaiki bug atau error saat menjalankan aplikasi. Cobalah restart HP seperti biasanya ketika muncul notifikasi “sayangnya aplikasi telah berhenti”. Setelah booting selesai, Anda bisa mencoba membuka aplikasinya. Restart HP menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis. Sehingga, RAM dan penyimpanan Anda akan lebih lega. Biasanya cara ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai error, termasuk aplikasi yang crash.

6. Upgrade Sistem Operasi

Langkah terakhir ketika semua cara belum berhasil yaitu upgrade sistem operasi. Mungkin sistem operasi di HP Anda tidak kompatibel dengan aplikasinya. Jadi ketika dibuka, aplikasi akan mengalami crash. Jika tersedia, Anda bisa upgrade sistem operasi melalui menu Pengaturan HP. Nah, itulah berbagai pilihan cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Sangat mudah, bukan? Jika masih tidak bisa juga, mungkin HP Anda memang tidak kompatibel dengan aplikasinya. Jadi, Anda harus mengganti HP jika memang sangat membutuhkan aplikasinya. Semoga bermanfaat!

Also Read

Leave a Comment